Kolaborasi Seluruh Parlemen Menuju Satu Data Kesehatan Kota Cirebon

INFOKES.CO.ID, KOTA CIREBON- Tahun 2020 mendatang Kota Cirebon akan berinovasi secara besar-besaran di ruang lingkup kesehatan dengan menjadikan data kesehatan menjadi satu. Melalui kolaborasi antara Dinas Kesehatan Kota Cirebon (Dinkes), Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Cirebon (Diskominfo), Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Dinkes Jabar), Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes), Telkom dan Infokes kebutuhan integrasi satu data tersebut akan terwujud. Layanan ePuskesmas NG yang saat ini di implementasikan di seluruh titik Kota Cirebon akan dijadikan sebagai wadah data kesehatan di seluruh wilayah Kota Cirebon, nantinya layanan ePuskesmas NG akan di integrasikan dengan sistem Aplikasi Satu Data Kesehatan (ASDK). Namun sebelum melenggang jauh kesana, saat ini layanan ePuskesmas baru di integrasikan dengan sistem Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK). Rencana menjadikan satu data kesehatan di Kota Cirebon tersebut sebenarnya sudah terealisasi melalui diskusi yang terselenggara di Dinas Kesehatan Kota Cirebon yang di hadiri oleh pihak-pihak terkait.


Foto: Kolaborasi Antara Pihak-pihak Terkait "Satu Data Kesehatan" Kota Cirebon

Banyak pejabat terkait yang menghadiri kegiatan bertajuk "Satu Data Kesehatan di Kota Cirebon" tersebut dan duduk bersama mendiskusikan untuk kebutuhan integrasi data, khususnya data-data yang bisa di ambil dari layanan ePuskesmas NG. Pada kegiatan yang berlangsung pada tanggal 6 Desember 2019 tersebut, dihadiri juga oleh perwakilan Telkom dan Infokes sendiri di wakilkan oleh Ganjar Santosa (Chief Marketing Officer).


Foto: Foto bersama Pihak-pihak terkait "Satu Data Kesehatan" Kota Cirebon.

Harapannya "Satu Data Kesehatan di Kota Cirebon" bisa dijadikan landasan dari tindakan promotif dan preventif di Kota Cirebon dan dijadikan juga sebagai media pengambilan keputusan.